Jumat, 07 Desember 2012

KESENANGAN SESAAT YANG MENYISAKAN TANGIS


Oleh: Ummu Zaid


Hujan Sehari Kemudian Diiringi Kemarau Sepanjang Masa, Tentu Tidak Ada Manfaatnya Karena Dedaunan Yang Menghijau Akan Kembali Kering, Menguning, Untuk Kemudian Rontok Dan Mati. Itulah Gambaran Singkat Tentang Kehidupan Dunia Ini, Ia Adalah Kesenangan Sesaat Yang Menyisakan Penderitaan Sepanjang Zaman. Betapa Banyak Orang Yang Terpedaya Dengan Keenangan Sesaat Itu, Lalu Ia Masuk Neraka Untuk Selama-Lamanya Akibat Kekufurannya.
Untuk Memoerjelas Dari Ungkapan Diatas, Marilah Kit Abaca Sebuah Ahadits Dibawah Ini Yang Menceritakan Sebuah Penyesalan Penduduk Neraka Dan Kegembiraan Penduduk Surga. Dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu Berkata; Rasululullah Shalllahu’alaihi Wasallam Bersabda:”Besok Pada Hari Kiamat Akan Didatangkan Orang Yang Paling Banyak Mendapat Kenikmatan Duniawi Dari Golongan Penghuni Neraka, Lalu Ia Dicelupkan Kedalam Neraka Hanya Dengan Sekali Celupan Kemudian Dikatakan Kepadanya: “Wahai Anak Adam Apakah Kamu Menjumpai Kenikmatan Disini, Wlau Secuil ? Ia Menjawab”Tidak,Sama Sekali Tiadak Ada Kenikmatan Didalamnya(Neraka)”. Dan Didatangkan Pula Orang Yang Paling Menderita Dalam Penghidupan Dunia Dari Penghuni Surga, Lalu Ia Di Celupkan Kedalam Surge Dengan Sekali Celupan Saja, Kemudian Ia Ditanya,”Wahai Anak Adam, Apakah Kamu Melihat Penderitaan Disini Walau Hanya Secuil?  “Ia Menjawab Tidak Sama Sekali Aku Tidak Melihat Sedikitpun Penderitaan Disini (Surga)”.( Hr. Muslim)
Dari Kisah Hadits Ini Sangat Jelas Dibenak Kita, Ternyata Ketika Seseorang Terjerumus Kedalam Jurang Neraka Segala Kenikmatan Yang Dimilikinya Selama Didunia Sudah Tiada Bermanfaat Lagi, Ia Sudah Tiada Mampu Untuk Mengungatnya Kembali, Yang Masih Terisa Adalah Penderitaan Abadi Yang Tiada Ujungnya.
Demikian Pula, Ternyata Tidak Sia-Sia Penderitaan Orang Mukmin Didunia Ini, Walaupun Banyak Derita Yang Ia Rasakan, Allah Membalasnya Dengan Kenikmatan Yang  Sangat Luar Biasa Disurga, Sehingga Ia Tidak Ingat Lagi Penderitaan Selama Didunia Walau Hanya Secuil, Bahkan Mereka Berangan-Angan Seandainya Penderitaan Didunia Ditambah, Karena Mereka Tahu Akan Besarnya Pahala Yang Akan Diterima Disurga.
Dari Jabir Bin Abdillah, Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wasaallallam Bersabda: Ketika Orang-Orang Yang Mendapat Bencana Didunia Memperoleh Pahala Pada Hari Kiamat, Maka Orang-Orang Yang Sehat Ketika Dunia Berangan-Angan Seandainya Kulit Mereka Dipotong-Potong Dengan Gunting.” Hr. Tirmidzi)          
Mari Kita Renungkan Sesaat Sebelum Semuanya Berakhir, Karena Penyesalan Hanyalah Penyesalan, Ia Datang Saat Semuanya Menjadi Terlambat, Dimana Saat Itu Segala Sesuatu Tiada Berguna Lagi. Hari Itu Air Mata Tidak Ada Nilainya. Anak, Suami, Isteri, Kerabat, Sahabat, Harta, Jabatan Tidaklah Bisa Member Manfaat, Bahkan Mereka Sengaja Melarikan Diri Untuk Menjauh.
(Yaitu) Di Hari Harta Dan Anak-Anak Laki-Laki Tidak Berguna, Kecuali Orang-Orang Yang Menghadap Allah Dengan Hati Yang Bersih.” (QS. Asy Syu'ara: 88-89)
"Pada Hari Ketika Manusia Lari Dari Saudaranya,
Dari Ibu Dan Bapaknya,Dari Istri Dan Anak-Anaknya. Setiap Orang Dari Mereka Pada Hari Itu Mempunyai Urusan Yang Cukup Menyibukkannya."(QS. Abasa: 34-37)

dinukil dari Buku: Hidup tenang tanpa cemas
Karya: Ust. Ahmad Alim







Powered By Facebook

Tidak ada komentar: